The Sound of Rindik ( Bahasa Indonesia)

Saya merasa lelah. Saya telah mengunjungi Prambanan, Borobudur, Ratu Boko, Gunung Merapi dan Mangunan hanya dalam tiga hari. Berjalan naik dan turun tangga batu candi di Situs Warisan Dunia UNESCO dan reruntuhan kuno yang dulunya sebuah istana mulai melukai lutut saya. Perjalanan dengan jip ke gunung berapi Merapi yang meletus beberapa tahun lalu telah melelahkan tubuh dan pikiran saya. Photobooth cantik di hutan Mangunan sungguh sangat layak Instagram. Ruang hijau luas menyegarkan. Percakapan yang terbuka dan hati yang hangat dengan orang-orang asing sungguh membangkitkan semangat. Saya bisa pulang setelah itu. Tapi saya tidak melakukannya.

Saya telah memesan tiket penerbangan dan hotel untuk Bali. Rencana awalnya adalah menghabiskan tiga hari di sebuah resor di Ubud dan dua hari di sebuah hotel pantai di Kuta. Tapi saya tidak merasa ingin berganti hotel dan mengepak barang-barang saya lagi. Saya ingin tinggal di satu tempat. Saya butuh istirahat.

Saya senang saya merasa begitu. Tsunami vulkanik tiba-tiba menghantam pantai antara pulau Sumatra dan Jawa. Peringatan dikeluarkan untuk menghindari pergi ke salah satu pantai di pulau-pulau lain juga. Ubud yang berada di pusat Bali lebih aman. Saya menghabiskan dua hari berikutnya dengan bersantai menjelajahi kolam renang, spa, dan restoran di resor.

Tetapi kebosanan segera merambah. Saya ingin belajar Bahasa Indonesia. Tetapi tidak ada lokakarya singkat yang tersedia. Saya telah melihat hutan Monyet. Saya tidak punya energi untuk belajar tarian Bali karena kelelahan. Saya sudah melakukan kelas Yoga, Reiki, Charka Journey dan Art of Living di India.

Perpustakaan dan Pusat Pembelajaran Pondok Pekak, saya temukan secara tidak sengaja saat mencari tempat makan. Mereka memiliki kelas tentang ukiran kayu, memainkan alat musik, membuat layang-layang dan kegiatan budaya penting lainnya. Saya sampai di sana pada sore hari. Saya lapar. Kelas ukiran kayu baru saja selesai. Tidak ada yang dijadwalkan selama beberapa jam ke depan. Tetapi jiwa-jiwa yang baik kasihan pada saya dan mengatur kelas musik yang akan dimulai dalam setengah jam. Saya segera mendaftar untuk itu. Saya senang sekali, biaya pendaftaran saya termasuk makan siang dan minuman. Selama 15 menit berikutnya makan siang saya sudah siap. Segera setelah itu guru saya tiba.

Parman adalah nama guru saya. Dia adalah seorang pria yang baik hati, tampak lembut, sabar dengan sikap yang menyenangkan. Dia menunjukkan kepada saya area di mana alat musik disimpan. Di panggung itu terdapat beberapa nampan kayu berwarna merah dan emas seperti struktur, diapit oleh payung merah dengan pegangan panjang terpasang di tanah dan tirai merah digantung di langit-langit di latar belakang. Tampak seperti tempat ibadah. Saya pikir itu adalah kuil.

Kami duduk di depan instrumen yang disebut Rindik. Ini adalah gambang bambu dari mana musik diciptakan dengan memukul tabungnya dengan palu. Saya memegang satu palu di tangan kiri dan satu di kanan. Dia mulai mengajari saya melodi dari komposisi Gilak Dung. Ini adalah komposisi yang memperkuat dan melindungi. Saya memukul satu tabung dua kali dengan tangan kiri dan dua tabung berbeda secara bersamaan dengan tangan kanan. Ini diulang untuk kelompok tabung berikutnya. Setelah saya memahami polanya, saya bermain musik. Saya pernah mendengar Gamelan di Istana Sultan di Yogyakarta. Satu orkestra instrumen tradisional yang memainkan musik pada acara-acara keagamaan dan upacara penting. Musiknya sangat beresonansi dan membuat saya berdiri diam. Tetapi saya sadari kemudian bahwa ternyata memainkan salah satu instrumen itu sesulit ini.

Parman bertanya, “Dari mana asalmu di India? Saya pernah ke Delhi dan Raipur ”. Apakah dia mengatakan Raipur? Apakah dia ada di sana pada 1 November? Dia bilang ya! Dia pergi untuk pertunjukan. Saya mengatakan kepadanya, “Saya dari Raipur!” Dia takjub. Dia telah datang untuk perayaan hari dasar Negara Chhattisgarh yang Raipur adalah ibu kotanya.

Kami terus memukulkan palu di Rindik untuk membuat musik.Sementara itu suara Rindik terus meningkahi percakapan yang menciptakan hubungan persahabatan. Hubungan yang memperkaya jiwa alam semesta, seperti halnya musik memperkaya jiwa manusia.

-Original Post in English : https://www.worldnomads.com/create/scholarships/writing/2019/applications/the-sound-of-rindik

-Translated in Bahasa Indonesia by Ira Rahmawati

Comments

Popular posts from this blog

Form 2B for Contesting Elections to the Vidhan Sabha (Legislative Assembly)

How to Contest Vidhan Sabha Elections : A Beginner's Guide

Keynote Speaker for an STTP on Women, Technology and Empowerment at NIT Raipur